menu

Wajah baru tobadak.com dengan Responsive Template hasil Kloning dari Template o-om


Assalamualaikum Wr. Wb
Saya ucapkan maaf sebesar-besarnya kepada pengunjug setia blog ini dan komentar yang tak terbalaskan dari Admin. Sudah lebih setengah tahun lamanya Admin baru ngepost artikel lagi, terakhir kali ane posting artikel bulan maret 2013 lalu, kejadian seperti ini bukan cuman kali ini saja, sudah berulang kali admin vakum dari dunia blogging, alasannya sederhana saja yaitu bosan, bosan dan bosan, sesuatu hal yang saya ulang-ulang hampir setiap hari membuat saya cepat bosan dan tatkala admin istirahat dari dunia blogging, istrahatnya gak tanggung-tanggung sampai setengah tahun. Maaf curhat dikit.

Kita kembali ke topik gan,
Rasanya pasti membosankan jika sesorang kembali ke kampung halaman dengan wajah lama alias tak ada bedanya sebelum ia pergi, karena hal itulah admin kemblali dengan wajah baru blog tobadak.com dengan Responsive Template ala o-om, template ini merupkan hasil koding saya dari seorang blogger master dari Bandung Agus Ramadhani yang lebih di kenal dengan sebutan o-om, saya banyak belajari dari artikel-artikel blog pribadinya yang banyak membahas tutorial blogger. sebelumnya admin juga menggunakan template versi lama o-om yang merupkan hasil kloning oleh seorang blogger(bukan saya) dan kali ini admin kembali lagi menggunakan template versi barunya oom, cuman bedanya template yang saya pakai sekarang ini merupakan hasil kloning saya sendiri, dan untuk yang pertama kalinya saya melakukan kloning template yang hanya bermodalkan browser Chrome, kerangka dasar template dan sedikit pengetahuan tentang struktur penyusunan untuk membangun sebuah template.


Sebelumnya admin gak punya niat untuk melakukan kloning terhadap template baru o-om, karena menerut analisa pribadi saya pasti di luar sana sudah banyak template versi baru o-om hasil kloning seseorang yang bertebaran dan siap untuk di unduh secara gartis, tapi kenyataannya setelah admin cari mulai dari sabang sampai merauke dan dari merauke ke sabang lagi dan akhirnya ane kembali kekampung halaman TOBADAK, hasilnya saya hanya menemukan template versi lama. Tapi kalau niat sudah sampai kehati pasti selalu saja ada cara untuk mendapatakanya, adminpun putuskan untuk begadang semalaman hanya untuk melakukan kloning terhadap template o-om, hasilnyapun sangat memuaskan bagi diri saya pribadi karena hanya dalam semalam template kloning saya berahasil menyerupai template o-om dan dihari-hari berikutnya admin terus melakukan penyempurnaan terhadap template ini hingga artikel ini di terbitkan walaupun sebenarnya admin sangat sadar bahwa template ini tidak akan sama hingga 100%. Admin juga memohon maaf sebesar-besarnya terhadap o-om atas tindakan saya melakukan clone terhadap templatenya, yang merupakan desainer awal template ini.

Kelebihan dari template o-om versi baru ini telah menyematkan teknik Responsive Web Design (RWD)
valid HTML5 dan CSS3.

Apa itu Responsive Web Design ?
Dengan semakin meningkatnya pengguna gadget smartphone dan tablet seperti Blackberry, Ipad, Iphone, tab dan gadget lainnya yang juga semakin didukung dengan perkembangan Sistem Operasi seperti iOS, Android dan sebagainya. Hadirnya berbagai macam gadget dikalangan masyarakat dengan berbgai macam ukuran layar mulai dari kecil, sedang sampai dengan ukuran besar ternyata mendatangkan masalah bagi halaman sebuat Website atau Blog dimana pada umunya halaman sebuah web memiliki ukuran fixed. Akan sangat merepotkan seorang pengunjung sebuah blog yang harus melakukan zoom dan scroll kesamping terhadap halaman blog yang memiliki ukuran fixed dan akan tampak kaku bila dibuka diberbagai macam perngkat yang memiliki ukuran layar yang berbeda.

Dalam sebuah artikel Design Web Responsive yang ditulis oleh Ethan Marcotte pada website alistapart.com. Pada artikel tersebut dia mengusulkan bagaimana sebuah desain web bisa menyesuaikan sendiri ukuran tampilan pada perangkat Mobile dan Desktop secara Fleksibel tanpa harus membuat dua desain untuk perangkat berbeda dengan konten yang isinya sama, dari permasalahan itulah maka lahirlah konsep Responsive Web Design yang lebih fleksibel dan bisa beradaptasi hampir disemua layar berbeda.

Jadi pada intinya template Responsive itu ialah sebuah template yang dapat mengubah skala atau lebar halaman menyesuaikan browser atau perangkat gadget. Sebagai contoh jika Anda mengakses halaman blog ini melalui pc coba kecilkan jendela browser Anda ini sesukanya dan perhatikan perubahan yang terjadi pada template blog ini.

Sekian dulu gan, Jangan lupa tinggalkan jejaknya gan di kolom komentar...


Judul : Wajah baru tobadak.com dengan Responsive Template hasil Kloning dari Template o-om
URL : http://www.tobadak.com/2013/12/wajah-baru-tobadak-dengan-Responsive-Template.html
Penulis : Arman Tobadak
Back to Top